Pages

4 Tips Terbaik dalam Menentukan Nama Domain

4 Tips Terbaik dalam Menentukan Nama Domain

Setelah anda menemukan ide bisnis internet anda, langkah selanjutnya adalah menentukan nama domain untuk website bisnis anda. Domain atau lebih gampang disebut alamat website adalah beberapa kata atau gabungan kata yang memiliki ekstensi tertentu yang merujuk pada suatu halaman website. Berbicara tentang menentukan nama domain. Ada 4 tipsyang harus anda ketahui untuk memilih sebuah nama domain yang terbaik. Tidak hanya terbaik menurut anda, tapi juga menurut semua orang. Ingat, menentukan nama domain yang terbaik merupakan salah satu unsur terpenting dalam menentukan kesuksesan bisnis internet anda nantinya.

1. Pilihlah ekstensi .com

Ada beberapa macam ekstensi domain. Mungkin anda sudah banyak yang mengetahui. Diantaranya adalah ekstensi .com, .net, .us, .asia, .co.id, .co.cc, dan lain sebagainya. Tapi, coba Tanya diri anda sendiri, kira-kira apa ekstensi domain yang paling melekat dipikiran anda ketika anda hendak menuju ke suatu halaman website? Saya yakin jawaban anda adalah ekstensi .com. Bukankah begitu?

Ya, memang ekstensi .com adalah ekstensi domain yang paling populer. Oleh sebab itu, saya sarankan untuk anda agar membeli domain yang berekstensi .com saja. Apalagi untuk website anda yang pertama.

2. Tidak lebih dari 3 kata

Namanya juga alamat. Ibarat alamat rumah, anda akan semakin mudah menemukannya apabila alamatnya itu simpel dan jelas. Tidak terlalu bertele-tele yang penting tepat, bukankah begitu? Begitu juga dengan alamat domain. Anda harus menentukan nama domain anda sebagus dan sesingkat mungkin. Saran saya, jangan lebih dari 3 suku kata. Coba anda perhatikan domain terkenal dari website-website raksasa. Seperti google.com, yahoo.com, amazon.com, microsoft.com, facebook.com. Kebanyakan mereka cukup menggunakan gabungan dari satu atau dua kata saja.

Seperti beberapa domain yang saya miliki juga menggunakan dari gabungan dua kata, yaitu irvanblog.com dan kerjaotomatis.com. Simpel kan?

3. Harus mudah diingat

Ini tips paling penting! Jika anda menggunakan gabungan 2 kata, karakter terakhir dari kata pertama dan karakter pertama dari kata kedua harus berbeda. Contoh domain saya ini, kata pertama adalah “irvan” dan kata kedua adalah “blog”. Nah, kata “irvan” diakhiri dengan karakter “n” dan kata “blog” diawali dengan karakter “b”. Hal ini dimaksudkan supaya nama domain anda mudah untuk diingat dan tidak rancu apabila diketikkan di address bar browser. Supaya lebih “srek” mari saya perjelas lagi.

Coba anda bandingkan antara 2 domain contoh berikut.

Domain satu = iniitu.com (gabungan dari kata “ini” dan kata “itu”)

Domain dua = satudua.com (gabungan dari kata “satu” dan kata “dua”)

Coba anda bandingkan, kira-kira lebih bagus yang mana? Perhatikan setiap kata yang digabungkan di sana. Pasti lebih banyak yang memilih domain dua dibanding domain satu. Ok, anda mengerti maksud saya, bukan?

Tapi tunggu dulu, jika anda terpaksa harus memilih nama domain “iniitu.com” dengan alasan karena domain itu yang paling pas dengan topik website anda, cara mensiasatinya supaya lebih menarik adalah dengan memisahkan dua kata tersebut dengan tanda strip (-), sehingga nama domain tersebut menjadi “ini-itu.com”. Bagaimana? Lebih menarik,bukan?

4. Harus relevan dengan topik website

Agar nama domain anda memiliki kesan professional, maka anda harus menentukan nama domain yang relevan dengan topik atau konten dari website anda. Misal, website anda memiliki topik yang membahas tentang laptop, maka carilah nama domain yang sesuai. Contoh, gudanglaptop.com, laptopcenter.com, laptopkita.com, dan sebagainya. Ini hanya contoh saja.

Yang perlu anda ketahui adalah, tidak ada satu pun nama domain yang sama di dunia ini. Ini berarti, sebelum membeli domain, anda harus melakukan cek terlebih dahulu di beberapa website penyedia jasa pembelian domain. Biasanya mereka menyediakan layanan untuk mencari nama domain yang anda pilih apakah masih tersedia ataukah sudah dimiliki oleh orang lain.

Ok, inilah salah satu trik marketing yang hebat dari saya. Semoga bermanfaat besar bagi anda. Dan bagi anda yang sudah memiliki nama domain, bolehkah saya dan pembaca yang lain tahu apa nama domain yang anda banggakan tersebut? Ceritakanlah pada kolom komentar di bawah ini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar